RUMITNYA MASALAH PENDIDIKAN DI INDONESIA

Sudah semestinya anak di Indonesia dengan tanpa membedakan status sosial mereka dapat mengenyam pendidikan disekolah. Namun sepertinya sulit bagi Indonesia untuk merealisasikan hal tersebut. Masalah ekonomi menjadi masalah utama mereka yang tidak bersekolah. Bukan hanya masalah ekonomi, peran pemerintah serta peraturan UU Indonesia yang masih kacau semakin menyulitkan mereka untuk bersekolah.

Tulisan ini dibuat dibuat untuk memberikan wawasan kepada pembaca akan pentingnya pendidikan yang mereka dapatkan. Karena saat ini, kesadaran akan pendidikan sudah semakin menipis. Bagi mereka yang tidak mempunyai status sosial maupun derajat tertentu dalam kehidupan dimasyarakat sekitarnya.

Pendidikan adalah gerbang menuju kehidupan yang lebih baik dengan memperjuangkan hal-hal terkecil hingga hal-hal terbesar yang normalnya akan dilewati oleh setiap manusia. Pendidikan adalah bekal untuk mengejar semua yang ditargetkan oleh seseorang dalam kehidupannya sehingga tanpa pendidikan, maka logikanya semua yang diimpikannya akan menjadi sangat sulit untuk dapat diwujudkan.

Apalagi ditambah masalah ekonomi, yang menjadi alasan utama masyarakat tidak menyekolahkan anaknya. Tentu membuat seseorang sulit mendapatkan apa yang mereka cita-citakan. Dengan keadaan ekonomi yang serba sulit, mereka yang seharusnya bersekolah malah mencari peruntungan. Yang untuk memperbaiki kondisi ekonomi keluarganya, namun seharusnya hal itu menjadi tanggung jawab orangtua.

Kondisi ideal dalam bidang pendidikan di Indonesia adalah tiap anak bisa sekolah minimal hingga tingkat SMA tanpa membedakan status karena itulah hak mereka. Namun hal tersebut sangat sulit untuk direalisasikan pada saat ini. Oleh karena itu, setidaknya setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam dunia pendidikan. Jika mencermati permasalahan di atas, terjadi sebuah ketidakadilan antara si kaya dan si miskin. Seolah sekolah hanya milik orang kaya saja sehingga orang yang kekurangan merasa minder untuk bersekolah dan bergaul dengan mereka. Ditambah lagi publikasi dari sekolah mengenai beasiswa sangatlah minim

Mengenai masalah pedidikan, perhatian pemerintah kita masih terasa sangat minim. Gambaran ini tercermin dari beragamnya masalah pendidikan yang makin rumit. Kualitas siswa masih rendah, pengajar kurang profesional, biaya pendidikan yang mahal, bahkan aturan UU Pendidikan kacau. Dampak dari pendidikan yang buruk itu, negeri kita kedepannya makin terpuruk. Keterpurukan ini dapat juga akibat dari kecilnya rata-rata alokasi anggaran pendidikan baik di tingkat nasional, propinsi, maupun, kota dan kabupaten.

Padahal pendidikan memberi banyak manfaat bagi mereka yang dapat bersekolah. Seperti wawasan yang luas, informasi, dan pemahaman diri tentang semua kejadian pada era globalisasi pada saat ini. Hal tersebut tentu berguna untuk menghadapi kehidupan dimasa yang akan datang.

Jika orang yang sudah dibekali ilmu saja terbukti masih ada atau bahkan banyak yang mengalami kegagalan, lalu bagaimana dengan mereka yang tidak dibekali ilmu sama sekali?

Logikanya sudah pasti mereka akan lebih kesulitan dalam mengembangkan hal-hal yang diminatinya dengan tujuan untuk mendapatkan level kehidupan yang lebih baik. Proses hidup membutuhkan teori, dan dengan pendidikan lah teori tersebut bisa didapatkan.

Faktanya, memang tidak semua orang yang berpendidikan sukses dalam perjalanan hidupnya. Tetapi jika dilakukan perbandingan maka orang yang berpendidikan tetap jauh lebih banyak yang bisa mengecap kesuksesan daripada orang yang tidak pernah mengecap pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan adalah alat untuk mengembangkan diri, mental, pola pikir dan juga kualitas diri seseorang.

Jangan meyakini opini sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab. Apa pun alasannya, setiap orang tetap membutuhkan pendidikan. Meskipun pendidikan tidak menjamin kesuksesan seseorang, namun pendidikan akan membekali anda kualitas diri yang lebih baik sehingga Anda akan lebih berpeluang untuk mendapatkan apa yang dicita-citakan. Pendidikan merupakan alat terpenting untuk merealisasikan semua impian Anda.

Dengan kondisi tersebut, bila tidak ada perubahan kebijakan yang signifikan. Sulit bagi bangsa ini keluar dari masalah-masalah pendidikan yang ada, apalagi bertahan pada kompetisi di era global.

(Penulis: Siswa Kelas XI A2/29 SMA N 2 Sragen)

Bagikan postingan ini:

Related posts

Leave a Comment