Pengaruh Gambar Meme Bagi Korban Meme

Akhir-akhir ini banyak meme yang menyebar di media sosial. Pelaku membuat gambar-gambar meme semata hanya untuk menghibur para pengguna media sosial. Pelaku mengambil foto sendiri atau foto orang lain dengan ekspresi yang aneh, lucu, atau ekspresi yang tidak biasanya. Kemudian foto tersebut di edit dan diberi caption lucu yang mendukung gambar tersebut. Para pengguna media sosial akan tertarik dan merasa terhibur dengan foto tersebut.

Namun, korban yang fotonya dijadikan model meme tidak sadar saat orang lain mengambil fotonya. Bahkan korban pun tidak tahu bahwa foto tersebut disebar di media sosial serta dijadikan model meme. Kadang pelaku juga tidak izin kepada orang yang bersangkutan saat mengunggah foto tersebut.

Terlebih lagi foto yang diunggah adalah foto yang tidak semestinya disebar untuk diperlihatkan kepada orang lain atau bersifat pribadi. Hal ini pasti akan membuat malu sang korban. Selain itu korban bisa jadi bahan bully-an.

Ini tidak akan menjadi masalah jika korban yang bersangkutan tahan terhadap bully-an. Namun akan menjadi masalah besar jika korban adalah orang yang tidak bisa diajak bercanda dan tidak suka di bully. Tidak sedikit korban bully-an memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan cara tragis agar tidak di bully lagi. Namun cara tersebut bukanlah pilihan tepat, karena kita harus menghadapi masalah yang ada bukan malah lari dari masalah tersebut.

Memang pelaku yang membuaat meme hanya bertujuan untuk membuat hiburan dan menghibur pengguna media sosial. Namun seharusnya pelaku meminta izin terlebih dahulu kepada orang yang bersangkutan sebelum mengunggah fotonya agar tidak menimbulkan masalah yang serius. (Sa’ida.M.A.R)

Bagikan postingan ini:

Related posts

Leave a Comment