Moral Penentu Kualitas Bangsa

Moral Penentu Kualitas Bangsa

       Moral merupakan kunci utama dalam segala aspek kehidupan. Manusia yang bermoral akan menjadi manusia yang unggul sehingga mampu menjadi manusia yang memiliki kualitas baik. Begitu juga dengan bangsa, sebuah bangsa yang berkualitas tak hanya memiliki ekonomi yang baik tetapi juga memiliki moral yang baik.

      Jika sebuah bangsa sudah dikatakan krisis moral tentunya sangat mengkhawatirkan. Hal tersebut dapat berdampak luas terhadap segala aspek kehidupan bangsa. Sebuah bangsa bisa perlahan hancur jika masyarakatnya tidak bermoral, karena sudah tidak ada lagi kejujuran, kasih sayang, rasa iba, keadilan, dan segala macam hal yang tercipta dari cipta (pikiran), rasa (perasaan), dan karsa (kehendak) yang diolah secara baik.

       Yang mengerikan dan menghawatirkan bangsa ini telah masuk kedalam kategori bangsa yang krisis moral. Hal tersebut dapat dilihat dari semakin tingginya tindak kejahatan seperti KKN yang dilakukan oleh penguasa rakyat dan “wakil rakyat”, pembunuhan, pengeboman, pemerkosaan, pencurian, dsb.

        Dalam lingkungan kecil seperti lingkungan kampus yang seharusnya menjadi contoh pun kini mulai mengalami krisis moral. Seperti adanya tradisi menyontek, melakukan korupsi meski hanya serupiah dalam dana kegiatan, mulai hilangnya budaya timur seperti pacaran yang berlebihan bahkan sampai melakukan hal yang dilarang agama, hokum, dan sosial, hilangnya sopan santun dan tata karma, dsb.

     Hal-hal tersebut memang terlihat kecil dan bias, namun jika dibiarkan terus menerus maka akan menjadi budaya dan lambat laun akan membentuk bangsa ini menjadi bangsa yang amoral. Tentunya hal tersebut tidak diinginkan oleh siapapun. Oleh karena itu, pembentukan karakter sejak dini sangat diperlukan sebagai pondasi yang kuat. IMTAQ di tengah IPTEK yang kian meroket harus selalu diasah agar tidak pernah tumpul. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan kebaikan dan menjadi baik. Karena bangsa ini butuh manusia-manusia bermoral untuk menjadi bangsa yang berkualitas super.

(Naelil)

Bagikan postingan ini:

Related posts

Leave a Comment