Mengenal Sosok Super di Jurusan Matematika

Prof. Dr. Zenuri Mastur, S.E, M.Si,Akt

Zaenuri Mastur atau lebih akrab disapa Zaen adalah salah satu dosen Jurusan Matematika Unnes. Tinggi, besar dengan kumis tebal adalah hal yang membuatnya mudah dikenal orang lain. Santai, itulah salah satu ciri khas ia saat mengajar sehingga tak jarang mahasiswa yang merasa asyik saat diajar olehnya. Pria kelahiran Kudus, 23 Desember 1964 ini mengajar kurang lebih 26 tahun di Jurusan Matematika Unnes untuk beberapa mata kuliah diantaranya Pendidikan Lingkungan Hidup, Matematika Ekonomi, Teknik Proyeksi Bisnis dan Ekonometrika.

Berbagai pencapaian yang telah diraih salah satunya adalah pada tanggal 18 Maret 2015 ia telah dikukuhkan menjadi guru besar bidang Ilmu Lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Selain itu saat menjadi mahasiswa berbagai kegiatan ia ikuti diantaranya yaitu mengikuti kegiatan Mahapala, Pramuka, dan menjadi Ketua Hima. Ia menyelesaikan S1 Pendidikan Matematika di IKIP Semarang pada tahun 1987 dan S1 Akuntansi Undip pada tahun 1995. Tak puas sampai disitu ia melanjutkan kuliah S2 dan S3 di UGM dengan mengambil konsentrasi Ilmu Lingkungan. Tahun 1999 ia menyelesaikan S2 dan tahun2011 menyelesaikan S3-nya.

Atas jasa-jasanya terhadap Negara selama ia menjadi dosen, tak heran jika ia memperoleh Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya XX Tahun dari Presiden Republik Indonesia pada tahun 2013 dan pada tahun 1996 ia dinobatkan sebagai Dosen Teladan I FMIPA IKIP Semarang dan Dosen Teladan II IKIP Semarang .

Berani, kata itu mungkin cocok untuk menggambarkan Dosen 1 anak ini. Beberapa keberanian yang perlu kita contoh yaitu ia tak takut untuk mendaftar menjadi guru di Tokyo, meski teknologi komunikasi saat itu belum maju seperti saat ini namun sayang, saat sudah diterima bahkan ia telah mengurus visa keberangkatannya ke Tokyo, kesempatan itupun harus ia lepas karena SK mengajar sudah turun dan ia memilih untuk tetap berada di Indonesia. Meski tak bisa menjadi guru di Tokyo, semangatnya untuk membagi ilmu dan pengalamannya tak pernah padam. Sesuai dengan prinsip hidupnya yaitu bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya orang baik kapanpun dan dimanapun atau yang ia sebut sebagai teori optimasi sosial. Beliau adalah salah satu sosok super di Jurusan Matematika.

(Dewi)

Bagikan postingan ini:

Related posts