Kuliah Matematika? Mau Jadi Apa?

Matematika? Kuliah di jurusan matemaika? Mau jadi apa? Bisa bekerja dimana aja? Pertanyaan pertanyaan klasik seperti itu lah yang sering muncul dan menjadi momok bagi para mahasiswa jurusan matematika. Memang umumnya matematika seringkali dipandang lebih sulit untuk bersaing, salah satu alasan yang melatarbelakangi adalah matematika dianggap abstrak dan tidak terkait langsung dengan kebutuhan pasar. kita sebenarnya lebih terfokus kepada logika, analisis, bagaimana membuktikan sebuah teorema, membuktikan sebuah rumus, disamping itu kita juga belajar kok statistik, bahasa pemograman, Teori Graph, Quality Control dan lain-lain.

Di unnes jurusan matematika di bagi menjadi beberapa prodi, antara lain pendidikan matematika, matematika murni, dan statistika terapan dan komputasi. Lulusan dari jurusan matematika malah lebih banyak peluang kerjanya, misalnya di BPS, Bank, Perusahaan, guru, dosen, programer, dan masih banyak lagi, karena pada dasarnya  merupakan basic dari semua ilmu.

Menurut Sela Mawarti salah sati mahasiswa prodi pend matematika “menurut saya lulusan pendidikan matematika tidak harus menjadi guru disekolah sekolah, kita juga bisa menjadi dosen, menjadi pegawai bank, karena saat ini banyak bank yang mencari lulusan dari matematika’.

Menurut Retno Ayu Wardani salah satu mahasiswa jurusan matematika murni “matematika murni sering di pandang lebih sulit untuk bersaing, namun sebenarnya tidak, karena setau saya banyak pekerjaan yang  membutuhkan matematika, misalnya saja di perpajakan, setau saya di sana banyak lulusan dari jurusan ekonomi, namun pekerjaan disana menggunakan basic matematika, kita pun dari jurusan matematika juga berpeluang untuk bekerja di perpajakan”.

Menurut Gusti Aditya Kidung Ajie salah satu mahasiswa jurusan statistika terapan dan komputasi “menurut saya lulusan dari statistika terapan dan komputasi bisa bekerja dimana saja, tidak hanya di BPS, diperusahaan untuk menghitung data-data statistik misalkan untuk menghitung data penjualan, bisa juga di KPU kalau mau yang resmi  statistika, atau bisa di lembaga statistik lainya misal di lembaga sensus.

Bagikan postingan ini:

Related posts